• BANNEPADANG
  • "dimana ada kemauan, disitu pasti ada jalan"

LULUSAN PROGRAM KESETARAAN MEMPUNYAI HAK YANG SAMA DENGAN LULUSAN SEKOLAH FORMAL | PKNM BANNE PADANG

Lulusan Program Kesetaraan Memiliki Hak yang sama dengan Lulusan Sekolah Formal

Mungkin masih banyak pertanyaan dalam benak individu, calon peserta didik yang akan mengenyam pendidikan di PKBM;

1. Nanti kalau saya sekolah kejar paket di PKBM, apakah ijazah saya diakui?

Atau pertanyaan lain yang menjadikan kerisauan para orang tua;

2. Nanti bagaimana nasib anak kesayangan bunda, kalau melanjutkan di sekolah paket? apa iya bisa lanjut ke jenjang kuliah? apa iya bisa ikut program pertukaran pelajar? apa iya bisa ikut beasiswa?

Dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya yang membuat risau para calon siswa pendidikan kesetaraan.

Hapus jauh-jauh asumsi-asumsi tersebut, karena pada dasarnya Pemerintah Republik Indonesia melaui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan edaran tentang Program Kesetaraan, yang dalam surat tersebut terdapat tiga poin inti, yaitu:

  1. Setiap orang yang lulus ujian kesetaraan paket A, paket B, paket C, masing-masing memiliki hak eligibilitas yang sama dan setara dengan, berturut-turut, pemegang ijazah SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK untuk dapat mendaftar pada satuan pendidikan yang lebih tinggi.

  2. Status kelulusan program pendidikan kesetaraan Paket C memiliki hak eligibilitas yang setara dengan pendidikan formal dalam memasuki lapangan kerja.

  3. setiap lembaga diminta mematuhi ketentuan perundang-undangan tersebut di atas agar tidak diindikasikan melanggar Hak Asasi Manusia.

Dari poin-poin di atas, secara gamblang diterangkan bahwa lulusan sekolah/pendidikan kesetaraan memiliki hak eligibilitas yang sama dengan pemegang ijazah SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK sederajat.

Tak luput kami lampirkan surat edaran tersebut, sebagai bukti yang riil apa adanya.

Salinan Edaran Kemendikbud tentang Program Kesetaraan.

Sekarang, jangan ragu, jangan bimbang, selagi pendaftaran peserta didik baru masih dibuka. langsung akses web pendaftaran PKBM Banne Padang disini.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PELAKSANAAN ANBK PAKET C TAHUN PELAJARAN 2022-2023 | PKBM BANNE PADANG

Apa Itu Asesmen Nasional ? Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input

15/01/2023 21:23 - Oleh bannepadang - Dilihat 26 kali
GEN Z SIAP MENGHADAPI MASA DEPAN DI SEKOLAH | PKBM BANNE PADANG

Mengenal Generasi Z, yang terdiri dari individu yang lahir antara akhir 1990-an hingga awal 2010-an, memiliki keunikan dalam pola belajar mereka. Di tengah perkembangan teknologi yang

15/01/2023 21:23 - Oleh bannepadang - Dilihat 31 kali
PENDIDIKAN KESETARAAN : MENITI JALAN PENCERAHAN BERSAMA | PKBM BANNE PADANG

Pendidikan Kesetaraan: Meniti Jalan Pencerahan bersama PKBM BANNE PADANG Saya, Mira Karmila, dengan rasa bangga dan rasa syukur sebagai salah satu alumni PKBM Banne Padang, ingin ber

15/01/2023 21:23 - Oleh bannepadang - Dilihat 27 kali
FLEKSIBILITAS DALAM PENDIDIKAN KESETARAAN | PKBM BANNE PADANG

Pendidikan Kesetaraan adalah program untuk memberikan layanan bagi anak-anak usia sekolah yang tidak sekolah atau orang dewasa yang belum pernah memiliki kesempatan untuk belajar di p

15/01/2023 21:23 - Oleh bannepadang - Dilihat 10 kali